Friday, December 09, 2005

My Family: selamat ulang tahun anakku (1)

houston: 8 desember (about midnight) - initial draft

anakku tersayang
dari jauh aku ucapkan selamat ulang tahun
sembilan tahun telah engkau lalui

anakku matahatiku
sesungguhnya kita diciptakan olehNya kecuali untuk mengabdi untukNya
dan di usia sembilan tahun,
engkau sudah mengenal dan mengingatNya
kuingat ketika umur dua - tiga tahun
dengan jalan yang tertatih-tatih
mengikuti kita dan mas zaki shalat
pelan dan pasti engkau melakukan dengan suka cita
... lebih lagi tahun ini engkau melengkapi ramadhan dengan puasa sebulan penuh
(ingatkah, tahun kemaren "nyaris" sebulan penuh
- engkau tidak tahan ketika melihat dik oki minum ketika perjalanan mudik)

pengabdian kepadaNya adalah pasti
sebagaimana pastinya janji-janjiNya

anakku kebanggaanku
dari usia dini kita mengajari
bagaimana mencintai sang rasul dan mengabdi sang khalik
bagaimana menghormati dan menyayangi orang tua dan keluarga
bagaimana menyayangi saudara dan teman

anakku harapanku
semoga dengan kematangan usiamu
sang khalik menjadikan engkau kelak
insan yang berempati dan berbudi melengkapi kepandaianmu
insan yang bertakwa dan beriman melengkapi di setiap perilakumu
insan yang berguna untuk teman dan insan sekitarmu

anakku, selamat ulang tahun
sebelum engkau menjadi seseorang yang sempurna
ingatlah semuanya memerlukan tenaga - dan itu dimulai dengan makan (yang lebih cepat) dan
belajar yang tekun - dan itu dimulai dari sekarang

1 comment:

Anonymous said...

oopss... sory tanpa sengaja aku membuka blog ini pas mo nyari artikel tentang world day events... pas baca yg ini, rasanya haru & iri. Kok aku ga pernah dapet ucapan dari ayahku seperti ini, ga tau.. mang adat kami tanpa memberi ucapan di hari istimewa atau karena aku merasa kondisi keluarga yang jauh dari harapan & bayangan (diluar materi)... Aku merasa jauh dari ayah, sampai pada detik dimana aku menyadari bahwa orang tuaku menginjak umur 50 tahun, dan rasa ketakutanku akan kehilangan beliau mulai meraja.... Aku tak ingin menyesali ini, tapi terbersit keinginan dari awal bahwa hubungan antara ayah & anak bukan seperti ini yang kumau....