Saturday, February 26, 2011

trek sentul - gunung pancar - kawah merah

[sentul]

sentul sepertinya banyak trek yang masih bisa di explore, tentunya dengan trek xc + tanjakannya. sabtu yl, 26 pebruari kita jajal trek regular dari sentul ke gunung pancar. perjalanan di mulai dari parkiran bakmi golek melalui kompleks sentul mengarah ke taman budaya (yang konsisten menanjak pelan dan pasti) dan sedikit menurun melewati masjid dan jembatan. di sini sempat menunggu, yang ternyata sebagian mengarah ke arah bojong koneng dan menunggu mereka kembali ke 'jalan yang benar'

keluar dari kompleks sentul, jalanan makadam mulai menunggu dan kita melalui perkampungan mengarah ke jalan babakan madang melalui terminal angkot. dari sini jalanan hotmix sampai ke sebex dengan tanjakan panjangnya.

singkat cerita, sampailah berdelapan di sebex. di sini rombongan berpisah, bertiga meneruskan ke atas lagi menuju trek yang belum pernah kita jajal sedangkan sisanya menuruni kembali ke sentul. dari sebex, tanjakan yang berkelok sepanjang 500m menunggu kita dan sampai di sekolah dasar wangun(?), cimandala. selanjutnya perjalanan menuruni bukit, yang berarti tidak ada alasan kembali memutar - turunan ini akan menjadi tanjakan panjang. sempat berapa kali bertanya dan ada dua jalur pilihan: jalur melewati kawah merah yang cenderung xc, makadam, tanjakan dan turunan di jalan rusak tetapi lebih dekat atau turun memutar gunung pancar melalui jalanan aspal dan bertemu kembali di pertigaan psk.

akhirnya jalur kawah merah lah yang dijajal, belok kiri setelah bertemu dengan masjid. jalur xc dimulai dari sini dengan pemandangannya yang sangat indah, persawahan dengan latar belakang pegunungan. kawah merah yang kita bayangkan sebagai kawah, ternyata hanyalah sumber air panas dan yang dibilang merah pun tidak jelas. lupakan masalah kawah merah, trek xc nya selepas dari sini cukup mengasyikkan, kadang dinaungi dengan kanopi bambu atau pohon lainnya.

sampai dengan jalan makadam, perjalanan tanjakan dimulai yang diselingi dengan turunan berulang kali. melewati giri tirta, yang cukup terawat bangunannya tetapi jalanannya makadam habis dan terawat. akhirnya setelah melewati tanjakan panjang di jalanan makadam, sampai juga dengan jalan gunung pancar dan perjalanan menurun mulai kita rasakan.