Saturday, September 16, 2006

[Indonesia] Polisiku ... Buta Huruf tapi Melek Angka

[CX Lounge at LAX]
Mungkin ini uneg-uneg gua … yang sejak lama terpendam dan baru kesempatan diutarakan ketika sedang menunggu penerbangan. Harusnya gua tulis pas Kepolisian Indonesia Ulang Tahun bulan kemaren.

Polisi memang dibawah Jendral Sutanto, jauh berubah dalam beberapa permasalahan besar - korupsi (dengan catatan bukan yang di Kepolisian), terorisme, perjudian dsb nya. Tetapi masalah yang kecil dan dirasakan orang banyak, tidak atau sedikit tersentuh. Hal tersebut sangatlah mudah dilihat di sepanjang jalan. Ketertiban lalu lintas sangatlah nol besar, angkutan umum atau pribadi dengan mudah berhenti di tanda larangan berhenti atau parkir, seakan-akan polisi kita itu buta huruf.

Tapi jangan sangka, polisi kita buta angka … mereka sangat melek angka, bahkan dengan mudah tanpa melihat angkanyapun beliau sudah dapat mengetahui nilainya dari warnanya. Syukur, polisi kita tidak buta warna, khususnya warna tertentu … atau mungkin bukan karena warna tapi daya penciumannya yang melek.

Any way, Selamat ulang tahun. Semoga polisi kita melek huruf dan angka untuk kebaikan bangsa bukan untuk "kebaikan" kantong pribadi. Dan yang penting lagi, melek hati nurani - karena kelak itu yang harus kita pertanggung jawabkan dihadapanNya.

No comments: