Friday, July 18, 2008

{sebuah persimpangan} buat mas zaki dan kak noval

juli 18,

mulai hari ini, semuanya sudah tidak sama lagi - semenjak kak noval melanjutkan ke pesantren darunnajah, ulujami - yang berarti dua dari empat anak-anak akan keluar dari rumah diusia yang cukup dini, usia smp. noval setelah melihat kegiatan dan kemandirian di asrama pesantren selama mengunjungi mas zaki, punya keinginan untuk mengikuti jejak kakaknya dan opsi smp sudah tidak dibenaknya dari awal.

18 juli, adalah awal dia memasuki kehidupan yang berbeda. mengatur hidup sendiri dan bertanggung jawab sendiri. suatu waktu yang sebagian orang melihat terlalu dini, tetapi bukankah rasul saw dipisahkan dari keluarga ketika dalam usia jauh lebih dini untuk mendapatkan pendidikan yang baik.

dengan "kehilangan" kebersamaan dengan mereka, antara "keinginan" saat ini dan tujuan masa depan saling bersaing. tetapi setelah melihat kegembiraan mereka, kemandirian mereka, sepertinya "keinginan" itu sekedar "keegoisan" kita untuk tetap memiliki dan menguasainya. akhirnya, kita hapus "kehilangan" itu dengan kunjungan mingguan dan telpon mereka.

mereka sudah dewasa secara biologis, semoga dengan mendidik kemandirian dari awal akan menyeimbangkan kedewasaan secara biologis dengan parameter yang lain, kemandirian, emosi. semoga pendidikan ini akan menumbuhkan keseimbangan intelektual dunia dan akhirat.

No comments: